Kamis, 20 September 2007

KOMPETENSI MATAKULIAH

1. Biokimia Nutrisi Dasar
Menguasai ilmu dasar biokimia nutrisi dalam bidang peternakan untuk meningkatkan produktivitas ternak.
2. Ilmu Nutrisi Ternak Dasar
Memahami masalah nutrisi serta zat-zat yang diperlukan untuk ternak serta peranannya dalam peningkatan produktivitas ternak
3. Ilmu Nutrisi Ternak Dasar
Memahami masalah nutrisi serta zat-zat yang diperlukan untuk ternak serta peranannya dalam peningkatan produktivitas ternak
4. Ilmu Tanaman Makanan Ternak
Menguasai ilmu tanaman pakan secara umum dan tehnik penyediaan dan pemanfaatannya sebagai sumber hijauan pakan untuk ternak.
5. Bahan Pakan dan Formulasi Ransum
Mengetahui karakteristik berbagai jenis bahan pakan baik konvensional maupun inkonvensional, dan dapat menggunakannya untuk menformulasikan ransum sesuai jenis dan kebutuhan ternak.
6. Nutrisi Ruminansia
Mampu mengetahui dan menjelaskan proses-proses pencernaan dan metabolisme nutrien serta kelainan-kelainan yang terjadi akibat gangguan pencernaan dan metabolisme pada ruminansia.
7. Nutrisi Non Ruminansia
Mampu menerangkan nutrisi non ruminansia dan mampu menyusun ransum ternak non ruminansia
8. Teknologi Pengolahan Pakan
Menerapkan teknologi pengolahan pakan dalam meningkatkan kualitas dan dayaguna pakan untuk meningkatkan produktivitas ternak.
9. Aplikasi Komputer dalam Nutrisi dan Makanan Ternak
Mampu memahami perangkat keras dan lunak komputer, serta mengoperasikan komputer untuk program MS Offices, penyusunan ransum, pengolahan data, multimedia dan menyelesaikan masalah berkaitan bidang nutrisi dan makanan ternak.
10. Biokimia Nutrisi Lanjutan
Mampu memahami proses dan metabolisme berbagai zat nutrisi pada jaringan dan organ ternak.
11. Industri Pakan
Mampu merancang, mengaplikasikan proses produksi dan kontrol kualitas pakan dalam industri makanan ternak
12. Tatalaksana Padang Penggembalaan Tropika
Mampu mengelola padang penggembalaan buatan dan alam tropika dengan menjaga keseimbangan ekosistem untuk meningkatkan produksi ternak.
13. Metode Penelitian Nutrisi dan Makanan Ternak
Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengolah data penelitian ekperimental dan survey, serta mempublikasikan hasil penelitian
14. Ilmu Tanah dan Kesuburan/Pemupukan
Mampu menjelaskan dan menerapkan sistim pemupukan dalam mempertahankan kesuburan tanah dan menngkatkan prodktiitas hijauan pakan.
15. Nutrisi Unggas
Mampu merancang dan menyusun pakan dengan kandungan zat-zat nutrisi yang seimbang dan efisien untuk produksi ternak unggas.
16. Nutrisi Sapi Perah
Mampu memahami nutrisi sapi perah, menyusun ransum dan mengaplikasikan ransum pada berbagai status fisiologis pemeliharaan sapi perah.
17. Nutrisi Ternak Potong
Mampu memilih dan meramu bahan pakan menjadi ransum seimbang, dan menetapkan tatalaksana pemberian pakan yang tepat dan benar untuk optimalisasi produksi ternak potong.
18. Pangan dan Gizi
Mampu mengemukakan latar belakang timbulnya masalah pangan dan gizi serta memahami peran pertanian/peternakan dalam perbaikan gizi, serta mampu menjelaskan dampak kekurangan dan kelebihan gizi dalam tubuh.
19. Feedlot
Mampu memilih dan meramu bahan pakan menjadi ransum seimbang, dan menetapkan tatalaksana pemberian pakan yang tepat dan benar untuk optimalisalisasi pembesaran dan penggemukan sapi potong hemat lahan.
20. Pengendalian Mutu Pakan
Mampu mengendalikan mutu pakan terkait dengan anti nutrisi pakan dan mikotoksin, serta menganalisis dan melaksanakan pengawasan mutu pakan.
21. Bioteknologi Tanaman Pakan
Memahami perkembangan bioteknologi tanaman pakan dan penerapan dalam bidang budidaya tanaman pakan.
22. Ekofisiologi Tanaman Pakan
Mampu memahami dan menerapkan proses-proses fisiologi yang terjadi pada tanaman pakan akibat cekaman lingkungan untuk produksi hijauan pakan.
23. Usaha Tani Konservasi
Memahami tehnik konservasi usahatani dalam hubungannya dengan pengembangan pertanian terpadu berbasis peternakan.
24. Nutrisi Ternak Babi
Mampu menerangkan nutrisi ternak babi dan mampu menyusun ransum ternak babi.
25. Nutrisi Aneka Ternak
Mampu meramu pakan untuk berbagai aneka ternak ternak yang bermanfaat untuk dibudidayakan dan dapat dijadikan pakan.
26. Pengelolaan Limbah Ternak
Mampu mengindentifikasi beberapa jenis limbah ternak dan mengelola berbagai jenis limbah ternak menjadi biogas, pakan dan pupuk organik.
27. Landasan Ruminologi
Mampu menjelaskan fungsi rumen dan proses fermentasi pakan oleh mikroba rumen serta interaksi pakan, ternak dan mikroba rumen. Mahasiswa mampu memahami pengetahuan tentang manipulasi populasi mikroba rumen dalam rangka mengoptimalkan proses produksi ternak ruminansia.
28. Seminar Nutrisi dan Makanan Ternak
Mampu membuat dan mempresentasikan karya tulis/makalah yang dibuat berdasarkan tinjauan dari berbagai sumber kepustakaan.
29. Skripsi Nutrisi dan Makanan Ternak
Mampu merencanakan, menganalisis dan melakukan penelitian dalam bidang ilmu nutrisi dan teknologi pakan, serta memiliki kerangka pikir dalam merencanakan dan melakukan penelitian yang terkait dengan pengembangan industri peternakan.